Rabu, 30 November 2011

Tips menghadapi ujian semester

Tak terasa, hampir satu semester sudah terlewatkan. Tandanya Ujian Semester yang semakin mendekat. Sering didengar banyak siswa yang stress memikirkan apa yang harus dilakukan agar ujiannya bisa mendapat nilai yang bagus. berikut adalah solusinya :

  • Mendekatkan diri pada TUHAN
     Salah satu kesuksesan pada tiap orang ialah karena ia mau beribadah dengan sungguh-sungguh, dan mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. karena Tuhanlah yang menentukan nasib kita, sukses atau tidaknya

  • Meminta Restu Orang Tua
     Selain Tuhan, Orang tua kita juga dapat membuat kita sukses. Tiap malam mintalah kepada orang tuamu untuk mendoakanmu agar bisa belajar dengan tenang. karena orang tualah yang telah membiayai hidup kita hingga seperti ini.

  • Menjaga kesehatan tubuh baik jasmani maupun rohani
     Di akhir semester terlihat ada beberapa siswa yang tak mengikuti ujian tersebut oleh karena berbagai macam penyakit. Oleh karena itu sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita, agar kita bisa dalam kondisi yang prima saat mengerjakan Soal-soal pada saat Ujian.

  • Membuat jadwal belajar
          Jam belajar yang teratur dapat membuat kita lebih bisa untuk mengingat pelajaran-pelajaran yang sudah kita mengerti. Jika kita tak konsisten pada jadwal maka kita akan susah untuk mengingat pelajaran tersebut.

  • Berkonsentrasi selama Belajar
     Dalam belajar terkadang kita pasti merasa bosan, "kenapa harus pelajari ini padahal saya sudah mengerti". sebenarnya tujuan kita mempelajari ulang agar kita bisa lebih mengerti, dan pada saat kita melihat soal itu kita tinggal langsung jawab. Untuk mencapai hal seperti itu maka kita harus dapat berkonsentrasi selama belajar agar semua pelajaran tersebut dapat dicerna oleh otak kita.

  • Mengikuti diskusi kelompok
     Dengan berdiskusi kelompok, kita dapat lebih nyaman dalam belajar. Karena jika kita membuat kesalahan maka ada teman yang membantu kita memperbaikinya. Tetapi dalam memilih teman belajar, pilihlah yang tak banyak main-mainnya karena akan percuma jika dia banyak main ketimbang belajarnya. Dan untuk itu kita juga jangan mengajaknya main-main, karena kita yang butuh sendiri.

  • Mengerjakan latihan Soal
      Setiap mata pelajaran selalu ada soal yang diberikan untuk latihan, cobalah kerjakan soal itu lalu tanya hasilnya kepada teman yang mengetahuinya. Jika soal latihan habis kita pro-aktif dapat mencari soal tersebut di internet. karena dengan latihan soal, kita dapat mengetahui apa yang harus dilakukan agar soal tersebut bisa selesai.

  • Istirahat yang Cukup 
      Salah satu faktor penghambat suksesnya ujian semester ialah Kurang Istirahat. hal inilah yang paling sering dialami oleh usia remaja, karena adanya suatu hal yang mengakibatkan kita kurang tidur ( misalnya film bagus, asik sms-an, dll. ). kurang tidur dapat membuat otak kita tak konsentrasi hingga otak kita dapat blank saat mengerjakan soal ujain semester.

  • Berdoa
      Dan yang terakhir ialah berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa. meminta perlindungannya agar dalam ujian semester dapat mengerjakan soal dengan baik. tetapi jangan hanya berdoa saja, kita juga harus giat belajar.!!


Jadi teman-teman, diatas adalah tips-tips yang dapat kita ikuti agar bisa sukses dalam ujian. semoga bermanfaat dan mendapatkan nilai yang bagus. n_n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar